Selamat Datang Di Balai Pengobatan Herbal & Terapi Alami Putra Bani

Rabu, 18 Januari 2012


KANKER PAYUDARA

APA ITU KANKER PAYUDARA ?.....

Kanker yang menyerang payudara disebut kanker payudara.  Jenis  dan ciri kanker payudara diklasifikasikan sebagai berikut:

   Ductal Carcinoma In Situ ( DCIS)
Ductal berarti kanker dimulai di dalam pembulu susu, karsinoma berarti jenis kanker  pada jaringan epitel. In situ berarti di dalam tempat asalnya.

DCIS tingkat atau stadium 0 tidak mengancam nyawa karena non-invasif dan dianggap kanker masih dalam taraf dini dan tidak bergejala. Kanker pada stadium 0 non-invasif dan tidak menyebar. Kanker pada stadium 0 akan baru muncul setelah 25 tahun atau lebih. Walaupun demikian kanker DCIS perlu diobati agar tidak berubah menjadi kanker invasive dan ganas dikemudian hari.

DCIS stadium atau tingkat pertama (I) disebut juga tingkat rendah dan tingkat dua (II) atau tingkat menegah atau disebut juga “non-komedo”. Pada tingkat I dan II sel sangat mirip dengan sel normal dan cedrung tumbuh lambat. Wanita dengan DCIS tingkat I dan II mempunyai resiko setelah minimal 5 tahun, DCIS akan berkembang menjadi kanker invasive dan akan bermetastatis.


Pada stadium I dan II terdapat pola DCIS sebagai berikut:
·   DCIS Solid          : Sel kanker memenuhi pembuluh payudara  
                             yang terinfeksi
·   DCIS Cribiform   : Terdapat celah antara sel kanker dalam 
                              pembuluh payudara yang terinfeksi 
                                (seperti lubang pada keju swiss)     
    DCIS Papillary    : Sel kanker tersusun seperti paku atau pakis
                                dalam pembuluh payudara kalau dalam 
                                bentuk sel yang sangat kecil disebut
                                micropapillary.

DCIS stadium atau tingkat III ( tingkat tinggi), pada stadium ini sel cendrung tumbuh cepat, pada stadium III mempunyai resiko terjadi kanker invasive. DCIS tingkat tinggi digambarkan sebagai komedo atau komedo nekrosis, berarti terdapat wilayah mati ( nekrotik) sel kanker yang membentuk tumor. Pada saat sel kanker tumbuh cepat, tidak memperoleh nutrisi yang cukup maka sel yang tidak dapat nutrisi akan mati satu per satu menimbulkan daerah nekrosis. Bahkan karena tumor tumbuh cepat, sebagian sel tumor mati karena tidak cukup asupan darah untuk memperoleh makanan.

2.     Lobular Carcinoma In Situ (LCIS).
LCIS merupakan kondisi prakanker. LCIS tumbuh disekitar lobules yaitu kelenjar yang memproduksi susu, LCIS sering menyerang wanita pramenopause. LCIS memiliki sel kanker yang hanya menyerang pada bagian terbatas lobules saja dan non-invasif. LCIS mempunyai tingkat proliferative rendah merupakan reseptor estrogen positis yang khas.

3.     Invasive Ductal Carcinoma (IDC)
IDC merupakan kanker invasive yang menyerang dan menyebar ke dalam jaringan sekitarnya. IDC merupakan jenis kanker yang paling banyak yang menyebabkan hampir 70% - 80% kasus kanker payudara pada wanita disebabkan oleh IDC. IDC mempunyai inti yang solid umunya terasa benjolan keras pada saat diraba, biasanya menyebar ke simpul limfe regional.

4.     Invasive Lobular Carcinoma (ILC)
ILC merupakan kanker invasive yang menyebabkan payudara yang terserang kanker menjadi lebih besar dari payudara normalnya disebabkan proposi multisentrisitas, kanker ini penyebab kanker pada wanita sekitar 5% - 15%. Lesinya cendrung mempunyai batas nyeri yang jelas dan kadang-kadang mepunyai penebalan tidak jelas. Penderita ILC cendrung mengalami karsinoma bilateral.

5.     Tubular Carcinoma (TC)
TC disebut juga karsinoma dan mudah teridentifikasi dengan baik. TC bermetastatis dengan frekuensi 10% lebih kecil dari karsinoma ductal di simpul limfe (getah bening) ketiak, Perkiraan kesembuhan (prognosis) lebih baik dari IDC.

6.    Medullary Carcinoma (MC)
MC ditandai adanya infiltrasi limfosit yang jelas. Medullary carcinoma lebih banyak terjangkit pada wanita usia muda. Perkiraan kesembuhan ( prognosis) lebih baik dari IDC.

7.     Inflammatory Breast Carcinoma (IBC).
IBC ditandai dengan ciri pembengkakan merata di kulit, warna kulit payudara kemerah- merahan dan jaringan utama mengeras tanpa masa yang jelas. Penyebab klinis terutama disebabkan penggumpalan tumor saluran limfe kulit yang berhubungan kapiler permukaan.

8.     Penyakit Paget Puting Susu
Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker payudara yang jarang terjadi. Cirinya adalah peradangan atau terjadinya eksim pada puting susu. Penyakit ini merupakan perpindahan sel maligna dari pembuluh payudara yang berdekatan dengan puting susu.

SEMOGA ALLAH SELALU MEMBERI  KESEMBUHAN DAN KESEHATAN BAGI HAMBA YANG TAQWA DAN SABAR DALAM MENGHADAPI COBAANNYA, AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar